Jumat, 22 November 2013

Resep Membuat Sayur Ubi Daun Tumbuk

Sayur daun ubi tumbuk adalah makanan asli dari Tapanuli Selatan dimana suku aslinya adalah suku Mandailing. Tetapi bagi masyarakat Sumatera Utara, yang memiliki beragam-ragam suku asli maupun pendatang, daun ubi tumbuk sudah menjadi favorit. Datanglah ke tanah Sumatera Utara atau berbincanglah pada mereka, orang Jawa, Batak, Nias, Melayu, Karo, Minang yg tinggal di Sumut sudah tidak asing dengan masakan tersebut. Daun ubi tumbuk sudah menjadi santapan sehari-hari. Mungkin jika orang Minang dengan bangga menyebutkan masakan paling enak adalah rendang maka masakan paling enak orang Mandailing adalah sayur daun ubi tumbuk.
Sayur daun ubi tumbuk diolah menggunakan daun ubi atau singkong yang masih muda untuk mendapatkan rasanya yang gurih dan memudahkan dalam proses menumbuknya.Sesunggguhnya, dalam memasak sayur daun ubi tumbuk mudah tapi memerlukan kesabaran. Berikut saya akan memberikan bumbu dan bahan untuk membuat Sayur daun ubi tumbuk.
Bahan dan bumbu yang dibutuhkan:
- Daun ubi atau singkong, lebih baik yg masih muda daunnya
- Santan Kelapa kental secukupnya
- Beberapa butir rimbang
- Irisan Kincong atau Kecombrang
- Udang Kecepe
- Irisan Bawang Merah, kupas kulitnya
- Garam dan gula secukupnya
Cara Membuat:
- Cuci bersih rimbang, kincong,udang kecepe,bawang merah, dan daun ubi singkong yang telah disiangi.
- Masukkan sedikit demi sedikit semua bahan dan bumbu kedalam lesung, tumbuk hingga benar-benar halus.
- Panaskan santan kental, setelah mendidih masukkan bahan dan bumbu yang telah halus.
- Aduk daun ubi tumbuk, tunggu beberapa lama kira-kira 20 menit, maka sayur daun ubi tumbuk siap disajikan.
Saya sebagai orang yang dilahirkan di Sumut dan merupakan asli Mandailing sangat menyukai sayur daun ubi tumbuk. Saya sudah sering merasakan berbagai sayur daun ubi tumbuk dari berbagai macam orang dan berbagai macam rumah makan. Tapi nyaris semua rumah makan yg pernah saya cicipi sayur daun ubi tumbuknya tidak enak. Saya merasakan sayur daun ubi tumbuk yang enak jika dimasak untuk konsumsi pribadi. Saya sudah pernah memasak sayur daun ubi tumbuk 3 kali dan tanpa bermaksud memuji diri sendiri menurut saya dan keluarga saya lumayan enak. Dan setelah saya analisis apa yang menyebabkan sayur daun ubi tumbuk kurang sedap rasanya adalah karena beberapa sebab, yaitu:
- Tidak dilengkapinya seluruh bahan-bahan, biasanya yang tidak dilengkapi adalah kincong, rimbang dan udang kecepe. Tadi saya mengungkapkan masakan untuk komersil nyaris tidak ada yang pas rasanya. Penyebabnya adalah tidak dimasukkannya ketiga bahan tersebut. Bisa dimaklumi kebanyakan rumah makan ingin mendapatkan untung yang banyak, dengan mengurangi ketiga bahan tersebut bisa dipastikan mengurangi kenikmatannya. Sebagai tambahan kincong yang digunakan adalah kincong yg sudah dikupas kulitnya, dan bagian paling dalamnya yang diambil untuk sayur daun ubi tumbuk. Kincong ini akan membuat aroma khas pada sayur daun ubi tumbuk sehingga menambah kenikmatannya.
- Tidak mengaduk sayur daun ubi tumbuk sehingga terjadinya pecah santan, yang mengakibatkan santan menjadi encer.
Dan sebagai tambahan untuk menambah cita rasa sayur daun ubi tumbuk biasanya orang Mandailing menambahkan pisang sale (ikan lele yang sudah diasapi) kedalam sayur daun ubi tumbuk pada saat dimasak diatas api. Bisa juga menambahkan irisan jantung pisang yang membuat sayur daun ubi tumbuk semakin enak. Sayur daun ubi tumbuk biasanya disajikan bersama sambal ikan teri kacang. Dijamin makan anda akan “tamboh-tamboh” seperti istilah orang Medan.

0 komentar:

Posting Komentar